Monday, July 2, 2012

AcEPT - Academic English Proficiency Test

AcEPT atau Academic English Proficiency Test adalah tes profisiensi Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjkah Mada (UGM) sebagai salah satu poin untuk seleksi mahasiswa baru pascasarjana (S2 & S3). Tes ini merupakan tes Bahasa Inggris pengganti TOEFL-Like yang pernah digunakan untuk menyeleksi mahasiswa pascasarjana.

Tes ini merupakan tes yang dibuat sendiri oleh UGM dengan format yang sedikit berbeda dengan TOEFL versi lama. Pada tes AcEPT peserta diuji kemampuan menyimak, grammar, dan kemampuan memahami bacaan. Jika TOEFL hanya memiliki 3 (tiga) Section, maka AcEPT memiliki 5 (lima) Parts/bagian. Secara teknis, tes AcEPT ini sedikit lebih lama daripada TOEFL. Beberapa bagiannya sangat berbeda dengan TOEFL.



Perbedaan utama antara tes TOEFL versi lama dan tes AcEPT terletak pada jumlah dan jenis-jenis soal yang ditanyakan. Misalnya, di dalam TOEFL tidak ada menyusun kalimat acak, maka pada tes AcEPT peserta diharuskan menyusun kalimat-kalimat yang susunannya diacak menjadi sebuah paragraf yang logis. 

Namun demikian, terdapat beberapa persamaan antara kedua tes ini. Misalnya soal-soal Structure & Written Expression (pada AcEPT namanya Grammar and Structure), dan Reading Comprehension. 

.

No comments: