Sunday, June 5, 2011

Tentang Tips & Strategi TOEFL

Berbicara tentang TOEFL, tentu yang terbayang di benak kita adalah tes Bahasa Inggris tingkat lanjut yang tidak mudah untuk ditaklukan. Meskipun ada cukup banyak, bahkan saya kira sangat banyak, buku yang mengupas tentan tes yang satu ini, namun pada kenyataannya khalayak tetap masih bingung tentang apa strategi terbaik dalam mengerjakan Tes TOEFL ini. Yang dimaksud dengan Tes TOEFL di Indonesia adalah tes TOEFL versi lama, mengingat TOEFL versi baru belum begitu populer di kalangan mahasiswa pascasarjana di Indonesia.


Inti dari suatu strategi mengerjakan tes TOEFL adalah mengetahui medan, mengenali kelemahan diri, dan menghitung secara cermat pada
section mana kita unggul, dan mana yang lemah. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah berlatih terus sebanyak-banyaknya. Pada tahap ini, perlu diketahui juga bahwa ada section yang perlu dilatih dengan intensitas yang lama, cukup lama, dan tidak begitu lama. Hal ini tergantung pada kemampuan dasar Bahasa Inggris kita.

Secara pribadi, saya sering menemukan bahwa masyarakat luas masih sering salah dalam memahami strategi tes TOEFL. Jika ada yang bertanya, "Apa strategi dan tips yang paling jitu dalam mengerjakan tes TOEFL?", bisa dipastikan bahwa orang tersebut memang belum mengerti tentang paradigma penyelesaian tes ini.

Kalau saya analogikan, menguasai TOEFL sama halnya dengan belajar menyetir mobil, mengendarai sepeda atau sepeda motor. Jika kita hanya mengetahui tentang "teori" menyetir mobil atau mengendarai sepeda motor tanpa pernah berlatih, maka kita tidak akan pernah mampu mengendarainya. Namun, jika kita mempelajari cara menyetir mobil atau menegendarai sepeda motor sambil berlatih, saya kira kita tidak memerlukan semua "teori" tersebut.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan sebelum tes TOEFL adalah mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu soal (mengingat ada beragam jenis soal dalam Tes TOEFL, maka ada beragam langkah-langkah pengerjaan yang sangat penting untuk diperhatikan!), menentukan prioritas, dan LATIHAN sebanyak-banyaknya.

Semoga Berhasil...

9 comments:

SinderKebunTebu said...

Maturnuwun. Sy kira informasi ini sangat bermanfaat. Sy sdh 2x mencoba ikut tes toefl di unej dan unair dg skor hanya 512 dan 520, naik 8 point. Memang dalam 2x percobaan sy selalu kehabisan waktu di struktur dan reading. Soal belum terisi 10 masing2 di struktur dan reading sementara waktu sdh habis. Oya sekedar menambahkan saja, untuk mencapai toefl lebih tinggi mau jawab ngawur pd soal yg g bisa dijawab caranya pilih salah satu jawaban saja, misalnya a ya a saja seterusnya. Peluangnya 25%. Kl ngacak peluangnya makin kecil bro.

bunga perdu said...

kebetulan sy lg butuh banget, eeh pas browsing nemuin blog ini. terimakasih banyak tipsnya, sangat membantu. Salam kenal :)

bunga perdu said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

@SinderKebunTebu: Sami-sami. Memang untuk mencapai skor TOEFL yang tinggi diperlukan latihan dan ketelatenan. Menjawab hanya satu pilihan saja memang kita akan mendapatkan peluang benar (maksimal) 25%. Namun, untuk yg skornya masih di bawah 500 tetap harus latihan intensif.

Unknown said...

@bunga perdu: Sama-sama. Salam kenal juga :-)

Unknown said...

tips nya baguuusss, sangat membantu, makasih banyak yaaaa

Unknown said...

Tipsnya bgus banget samgat membantu

henry said...

makasih tipsnya Pak, sangat membantu. pencerahan

Blog27999 said...

Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

Plus, making money online using it is as easy as 1...2...3!

This is how it works...

STEP 1. Choose which affiliate products you want to push
STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (it LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate products system explode your list and sell your affiliate products all on it's own!

Are you ready to start making money??

Your MONEY MAKING affiliate solution is RIGHT HERE